Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konveksi Seragam Medis

Konveksi Seragam Medis

Sejak diperkenalkan pada tahun 1940-an dan menjadi seragam standar pada tahun 1970, Baju Operasi Seragam Medis dipakai oleh para profesional dan staf kesehatan sebagai pengganti seragam tradisional mereka saat melakukan proses bedah. Ada banyak sekali manfaat yang dihadirkan oleh baju operasi ini.

Apa sajakah manfaat yang didapatkan oleh para tenaga kesehatan dengan menggunakan pakaian medis ketika operasi?


Sejarah  Baju Operasi Seragam Medis

Evolusi baju seragam medis dalam perawatan kesehatan cukuplah panjang. Sebelum abad ke-20, perawat mengenakan pakaian biasa sebagai seragam, dan dokter melakukan operasi dengan pakaian biasa mereka. 

Kemudian pada wabah flu Spanyol pada tahun 1918 mengubah praktik tersebut karena kemungkinan penyebaran infeksi. Perawat dan dokter mulai memakai masker untuk melindungi diri dari pasien mereka.

Kemudian pada sekitar pertengahan 1900-an, tenaga medis mengenakan celemek dan pakaian putih untuk mencerminkan kebersihan. Namun, mereka mengganti seragam putih karena ketegangan mata yang disebabkan oleh cahaya terang yang memantulkan pakaian warna putih saat melakukan proses bedah.

Sebagai solusi, kemudian tenaga medis mengadopsi setelan hijau atau biru di tahun 1960-an. Warna ini menjadi standar untuk gown medis bedah pada 1970-an hingga saat ini. Hadirnya baju operasi seragam medis menjadi alat bantu identifikasi dan profesionalisme kerja.

Di rumah sakit, melakukan operasi bedah bisa menjadi hal yang sangat berantakan dan membingungkan. Untuk itulah beberapa tempat memerlukan baju medis dengan warna yang berbeda untuk membedakan perawat dari tenaga medis lain seperti dokter agar mudah mengidentifikasinya.


Konveksi Seragam Medis

Manfaat Menggunakan Baju Operasi Seragam Medis

Baju operation kamer (OK) adalah seragam umum untuk perawat dan profesional medis di lingkungan perawatan kesehatan yang digunakan saat membedah atau melakukan operasi. Baju khusus ini menawarkan beberapa manfaat selain sekadar memudahkan pasien untuk mengidentifikasi para tenaga medis.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan menggunakan baju operasi seragam medis di antaranya adalah :

1. Lebih mudah untuk melakukan operasi

Kombinasi lingkungan putih, seragam putih dan lampu terang dapat menyebabkan ketegangan mata pada ahli bedah dan staf perawat. Hal ini sangat penting karena satu kesalahan mungkin bisa merugikan nyawa pasien. Dengan munculnya baju operasi seragam medis, kelelahan mata akan berkurang dan membuatnya mudah bagi ahli bedah untuk melakukan tugasnya dengan lebih efisien.

2. Identifikasi dan klasifikasi yang lebih baik

Baju Operasi Seragam Medis seperti baju OK perawat tidak cenderung mendiskriminasi namun menyediakan cara yang nyaman dan lebih mudah untuk membedakan profesional kesehatan sesuai dengan bidang kesehatan masing-masing.

3. Perlindungan tambahan untuk pekerja dan pasien

Beberapa produsen gown medis menghasilkan alat pelindung diri (APD) yang dapat memerangi bakteri dan jenis infeksi lainnya untuk melindungi profesional kesehatan dan pasien. Baju ini sangat penting karena ada beberapa jenis infeksi tertentu yang dapat menyebabkan kematian, karenanya perlu perlindungan tambahan.

4. Membuat pasien merasa lebih nyaman

Seragam serba putih dapat mengintimidasi dan traumatis terutama untuk pasien operasi anak-anak. Warna putih juga bisa menjadi mata sakit jika dikombinasikan dengan penerangan ruang medis. Selain itu melihat warna darah dalam seragam perawat berwarna putih tidak nyaman bagi pasien dibandingkan dengan memakai baju operasi seragam medis berwarna hijau.

5. Memberikan kebersihan yang baik

Baju operasi seragam medis sangat sederhana dan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan mengumpulkan banyak kotoran dan debu. Juga, jenis pakaian ini mudah dibersihkan terutama ketika menyingkirkan noda darah.

6. Memberikan  layanan yang lebih baik

Seragam putih memang menekankan kebersihan. Tetapi dengan semua manfaat yang disebutkan, tidak mengherankan bahwa rumah sakit dan industri perawatan kesehatan lainnya perlu beralih ke seragam medis khusus bedah untuk memberikan layanan yang lebih baik dan berkualitas kepada pasien.

7. Mudah mengidentifikasi cairan tubuh dan kontaminan

Baju operasi medis membantu paradokter dan perawat s untuk mengidentifikasi cairan tubuh dan kontaminan, cukup murah untuk diganti, lebih bersih daripada pakaian biasa dan memungkinkan aksesibilitas alat yang mudah karena sering disertai kantong besar.

Baju operasi medis sangat baik untuk membantu dalam mengidentifikasi kontaminan dan cairan berbahaya. Mereka dapat termasuk tinja, urin, darah, muntah dan jenis bahan kimia atau cairan lainnya. Penting untuk menggunakan baju jenis ini untuk meminimalkan kontaminasi dan mengurangi penyebaran bakteri.

8. Lebih bersih dari pakaian normal, nyaman dan tahan lama

Baju operasi medis sangat nyaman, dirancang untuk jam kerja yang panjang. Baju medis satu ini relatif lebih tahan lama dibandingkan dengan bentuk pakaian lain karena harus sering dikenakan ketika melalukan pembedahan.

9. Tahan noda

Baju operasi medis dibuat untuk menahan dengan baik kotoran bahkan setelah beberapa kali pembersihan dan juga tahan noda. Baju jenis ini cukup bagus untuk menahan pencucian menyeluruh dan menyingkirkan bakteri serta kontaminan.

Biasanya, suhu tinggi dan bahan kimia pembersih khusus digunakan untuk membersihkan baju operasi medis. Baju ini lebih sulit dibersihkan dengan menggunakan metode pembersihan normal untuk pakaian biasa, dan baju operasi medis cukup kuat untuk bertahan tanpa dihancurkan dalam proses.

10. Aman dari bakteri

Konveksi Seragam Medis

Mengapa Anda berpikir bahwa pekerja biasa dapat menggunakan pakaian sehari-hari tanpa masalah, tetapi praktisi kesehatan tidak dapat melakukannya? Tidak perlu jenius untuk mengetahui bahwa rumah sakit adalah tempat berkembang biak yang fantastis untuk semua jenis bakteri dan virus.

Perawat, khususnya, bersentuhan dengan berbagai jenis penyakit. Pakaian terbukti bisa menularkan bakteri dengan mudah hanya dengan bertemu orang lain.

Akan menjadi masalah yang besar jika tenaga medis tetap mengenakan pakaian infeksius ke rumah sakit dengan banyak pasien yang sakit. Apakah seseorang sakit atau tidak, penting untuk tetap bersih selama pekerjaan ketika melakukan kontak dengan orang lain. Nah, baju operasi seragam medis bisa untuk mencegah penyebaran penyakit.

11. Ramah biaya dan murah

Praktisi kesehatan mana pun yang mengenakan pakaian seragam harian sendiri untuk bekerja kemungkinan akan mencuci dengan sangat keras saat mencoba menghilangkan bakteri dan itu bisa berpotensi membuat sebuah pakaian rusak. Baju operasi medis adalah pilihan murah yang mencegah pakaian dari rusak.

Baju operasi medis lebih efektif dan ramah biaya bagi para profesional kesehatan untuk memakai baju ini saat operasi.

12. Aksesibilitas mudah

Baju operasi medis memiliki banyak ruang saku untuk memasukkan barang-barang. Para profesional kesehatan dapat dengan mudah memasukkan alat dan perlengkapan mereka saat melakukan operasi seperti pena, lampu senter, sarung tangan, gunting dan apa pun yang mereka butuhkan.

Daripada harus bergegas kembali dan mengambil barang-barang untuk operasi satu per satu atau memasukkan alat medis ke kantong yang penuh, baju operasi seragam medis menawarkan ruang dan kenyamanan yang lebih bagus.

13. Cocok untuk semua tipe tubuh

Menemukan baju operasi yang sempurna itu mudah karena tersedia di berbagai toko perlengkapan medis, dan bahkan online. Selain itu, baju ini juga dapat dengan nyaman menyesuaikan ukuran tubuh apa pun karena dapat beradaptasi dengan semua jenis tubuh

Produsen tertentu juga memproduksi baju operasi seragam medis yang dapat melawan bakteri dan bentuk infeksi lainnya untuk melindungi profesional kesehatan dan pasien. Anda yang ingin menemukan produsen baju seragam medis, segera kunjungi https://www.artokonveksi.com/ dan dapatkan harga terbaik. arto konveksi merupakan spesialis konveksi seragam kerja