Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu SIM dan Telefon Seluler Bekas Merupakan Tambang Emas yang Benar-Benar Hebat



Sampah elektronik bukanlah sekedar sampah. Disamping berbahaya, ternyata kita bisa mendulang emas dari sampah elektronik jika pintar mengolahnya. Emas sering kali digunakan untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronika seperti prosesor, harddisk, ram, motherboard, atau mainboard, PCB handphone, PCB komputer, Integrated Circuit (IC), kartu cip handphone, dan sebagainya.

Komponen-komponen tersebut harus dilapisi emas karena hanya emaslah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan atau disebut juga zero resistensi. Oleh karena itu, banyak juga orang-orang yang berusaha "mendulang" emas dari sampah-sampah elektonik yang ada. Salah satunya Adi Kristyo Permadi. Dia bahkan mengajarkan kepada banyak orang tentang bagaimana cara pengambilan emas dan perak dari sampah elektronik hingga proses pemurniannya melalui e-book yang dibuatnya.

Kalau e-waste di Indonesia saya rasa mempunyai potensi yang bagus seiring dengan perkembangan zaman yang saat ini banyak sekali produk-produk elektronik yang berganti-ganti, dan masyarakat kita pun cenderung gonta-ganti peralatan elektronik apabila ada produk yang baru," ungkapnya kepada "PR".

Jangankan barang elektronik besar, dari kartu telefon seluler atau kartu SIM yang sudah tak terpakai pun, kita bisa mendulang emas, karena kartu SIM tersebut juga mengandung logam emas. "Memang banyak yang tidak tahu kalau kartu telefon seluler yang kita gunakan sehari-hari mengandung emas. Percaya atau tidak, saat ini sebuah perusahaan di Singapura sudah mulai menjadi anggota laskar mandiri, julukan keren untuk pemulung, untuk mengambil telefon seluler tua dan kartu SIM dalam handphone yang biasanya dibuang begitu saja," ujarnya menjelaskan.

Dari jutaan kartu SIM dan ribuan telefon seluler yang dikumpulkan, menurut Adi, mereka bisa mendulang kiloan emas murni dan puluhan bahkan ratusan kilogram tembaga, perak, timah, dan beberapa logam lainnya "Anda pengguna telefon seluler yang suka gonta-ganti kartu SIM untuk mencari tarif yang murah, lalu begitu pulsa habis membuang kartu itu begitu saja? Coba pikir-pikir lagi, di dalam kartu itu ternyata ada emasnya.

Telefon seluler bekas yang karena sudah tua dan tidak laku dijual pun mengandung emas, tembaga, dan perak," ungkap Adi lagi. Jika berhasil mengumpulkan 1 juta kartu SIM bekas, menurut dia, maka bisa didapatkan 1 kg emas mumi. "Yokohama Metal Co Ltd., perusahaan pemulung di Jepang, temyata mampu menemukan fakta bahwa kartu SIM dan telefon seluler bekas merupakan tambang emas yang benar-benar hebat.

Sumber : olahsampah.com